TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN II ( DIFERENSIASI PRODUK HONDA )

PROFIL

PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun berikutnya dan terus berkembang hingga saat ini.

Pada tahun 2001 kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor  untuk memproduksi berbagai komponen sepeda motor Honda di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya PT Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston. 
Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda. Pada tahun 2001 PT Federal Motor dan
beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan. 

Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005. PT Astra Honda Motor mempunyai karyawan hingga 20.000 orang dan di dukung oleh 1.800 showroom penjualan, 3.600 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), serta 7.550 gerai suku cadang, untuk melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Dengan keseluruhan fasilitas yang diimiliki PT Astra Honda Motor proses produksi sepeda motor per-tahunnya mencapai 4,2 juta unit, untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 40 juta pada tahun 2013. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN.


PENGHARGAAN
  • Indonesia Best Brand Award 2012
  • Indonesia Most Admired Companies 2012
  • Top Brand 2013
  • MotorPlus Award 2012
  • Indonesia's Most Favorite Youth Brand 2012
  • Word of Mouth Marketing 2012
  • Service Quality Award 2012
  • Otomotif Award 2012
  • Indonesia Most Favorable Brand in Social Media 2012
  • Indonesia's Most Favorite Women Brand 2012
  • Indonesian Motobike of The Year 2012
  • Motorcycle of the Year 2012
  • Kartini Award 2012
  • HAI Youth Brand Award 2012
  • Indonesia Brand Champion 2012


 DIFERENSIASI VARIO CW dan BEAT CW

1. VARIO
PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan tampilan Honda Vario varian Casting Wheel (CW) dengan kombinasi warna stripe baru yang membuatnya terlihat lebih modern dengan mempertahankan konsep trendi, stylish dan unisex yang telah diapresiasi konsumen.Sisi striping model ini dibekali dengan garis-garis dinamis yang elegan untuk memberikan pilihan yang luas kepada konsumen. Konsep garis stripe mencerminkan karakter unisex.

Honda Vario CW dikenal masyarakat sebagai pioneer skutik fashionable dengan fitur hi-tech di Indonesia. Konsep desain yang simple sangat diminati konsumen yang menginginkan pilihan motor kelas atas. Model ini dibekali mesin berkapasitas 110 cc berpendingin cairan yang menghasilkan performa optimal dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Selain itu, Honda Vario CW dilengkapi lampu dual keen eyes yang memberikan kesan mewah karena terinspirasi dari motor besar kelas dunia. Kapasitas bagasi pada model ini sebesar 6 liter mampu memberi kenyamanan dan kepraktisan bagi pengendara.

AHM juga mempertahankan fitur keamanan terbaik yang menjadi trendsetter di segmen skutik, seperti standar samping otomatis (side stand switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun dan brake Lock yang berfungsi untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan, dan juga kunci berpengaman magnetic (magnetic secure key shutter) .

Sejak pertama Honda Vario dipasarkan pada tahun 2006, model ini telah terjual sebanyak 1.977.957 unit. Varian Honda Vario CW merupakan bagian dari Honda Vario Series yang merupakan salah satu penyumbang terbesar penjualan AT Honda. Pada tahun lalu penjualan Honda Vario Series terjual sebanyak 1.079.943 unit atau menyumbangkan 38% terhadap total penjualan skutik Honda.
Secara keseluruhan, penjualan skutik Honda tahun lalu tercatat 2.859.989 unit. Pencapaian ini mengantarkan Honda mampu menguasai pangsa pasar 68% di segmen skutik nasional yang jumlahnya tahun lalu tercatat 4.208.219 unit.

Kehadiran Honda Vario tidak hanya mendapat sambutan baik dari konsumen. Puluhan penghargaan diberikan pada motor skutik pertama Honda di Indonesia ini, baik untuk desain maupun performanya Di tahun pertama kehadirannya, model ini langsung menyabet beragam penghargaan sebagai Rookie of The Year 2006 dan Teknologi Terbaik Skubek 110cc - 125cc dari Tabloid MotorPlus. Sementara Forum Wartawan Otomotif Indonesia memberi apresiasi dengan memberikan penghargaan The Best Indonesian Motorcycle 2006. Secara keseluruhan, Honda Vario bermesin 110cc mendapat 28 penghargaan dalam berbagai kategori dari berbagai pihak.AHM tahun ini optimistis Honda Vario CW akan memperkuat penetrasinya di segmen skutik.

Pilihan warna Honda Vario CW:
·         Posh white (putih hitam)
·         Shimmer blue white (biru putih)
·         Glam red (merah hitam)
·         Estilo black (hitam)
Model ini dipasarkan dengan harga Rp 14.450.000,- (on the road Jakarta).

 

*Fitur utama Honda Vario CW:
  • Liquid cooled engine – Mesin berpendingin cairan yang sudah terbukti dan teruji kehandalannya.
  • Dual keen headlight – Lampu depan ganda yang tajam dengan multi reflektor. Memberikan area pencahayaan yang lebih optimal dalam kondisi lurus maupun belok.
  • Brake lock – tuas pengunci rem.
  • Side stand switch – standar samping otomatis.
  • Magnetic secure key shutter – pengaman kunci kontak bermagnet.
  • Kapasitas bagasi sebesar 6 liter.

*Spesifikasi Honda Vario CW
v  Dimensi
Dimensi (P x L x T)
1,897 x 680 x 1,083 mm
Jarak sumbu Roda
1.273 mm
Jarak terendah ke tanah
132,5 mm
Berat kosong
99,3 kg
v  Rangka
Rangka
Tulang punggung
Suspensi depan
Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan ayun dengan shockbreaker ganda
Ukuran Ban depan
80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang
90/90 – 14 M/C 46P
Rem depan
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang
Tromol
v  Mesin
Tipe mesin
4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan
Pendinginan dengan cairan
Diameter x langkah
50 x 55 mm
Volume langkah
108 cc
Perbandingan kompresi
10,7 : 1
Daya maksimum
8,99 PS / 8000 rpm
Torsi maksimum
0,86 kgf.m / 6500 rpm
Kopling
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter
Pedal dan elektrik
v  Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar
3,6 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin
0,7 liter pada penggantian periodik
Transmisi
Otomatis, V-Matic

v  Kelistrikan
Aki
MF battery, 12 V – 3 A.h
Sistem pengapian
DC – CDI, Battery




2. BEAT 

Semakin larisnya penjualan Honda BeAT pada tahun 2011 yang mencapai angka penjualan 1.033.928 unit, maka PT Astra Honda Motor (AHM) memutuskan merilis 2 warna baru Honda BeAT yaitu Biru Putih & Hijau Putih, untuk memberikan beragam pilihan konsumen yang sebelumnya terdapat pilihan warna merah,putih,hitam. Tidak hanya itu, AHM juga mengubah tampilan striping nya sehingga terlihat lebih stylish, dynamic, dan colorful berdesain gaul dan trendi, Motor Honda BeAT merupakan skuter matik paling irit dengan pencapaian 73,5 KM untuk satu liter (Hasil Econo Riding with Honda Motor Plus edisi 487, 28 Juni 2008). harga untuk Honda BeAT CW 2012 yaitu Rp. 12.550.000.

Berikut adalah beberapa penghargaan yang telah dimenangkan Motor Honda BeAT:
  • Motor Paling Irit Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award 2010
  • Motor Paling Irit Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award 2009
  • Performa Terbaik Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award 2009
  • Skuter Matik No. 1 paling banyak dibicarakan dan dipromosikan di antara masyarakat Indonesia – No. 1 Word of Mouth 2009 Award Majalah SWA
Fitur Honda BeAT
·         Brake Lock – Berfungsi sebagai rem tangan, mencegah motor loncat saat menghidupkan mesin, serta praktis dan nyaman saat parkir atau berhenti di tanjakan.
  • Side Stand Switch – Mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun, sehingga menghindari resiko pengendara lupa menaikkan standar samping.
  • Secure Key Shutter – Sistem penguncian bermagnet yang kuat dan nyaman, untuk menghindar resiko pencurian.
  • Teknologi Combi brake dimana dimana dengan menarik tuas rem kiri maka rem belakang dan depan dapat berfungsi dengan optimal – Fitur ini khusus Honda BeAT FI CBS.
 
Spesifikasi Honda BeAT CW

v  Dimensi
Dimensi (P x L x T)
1,859 x 676 x 1,053 mm
Jarak sumbu Roda
1.240 mm
Jarak terendah ke tanah
156 mm
Berat kosong
89.3 kg

v  Rangka
Rangka
Tulang punggung
Suspensi depan
Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran Ban depan
80/90-14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang
90/90-14 M/C 46P
Rem depan
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang
Tromol

v  Mesin
Tipe mesin
4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan
Pendinginan udara degan kipas
Diameter x langkah
50 x 55 mm
Volume langkah
108 cc
Perbandingan kompresi
9,2 : 1
Daya maksimum
8.22 PS / 8.000 rpm
Torsi maksimum
8,32 N.m (0.85 kgf.m) / 5.500 rpm
Kopling
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter
Electric starter & kick starter
Busi
ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9

v  Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar
3,5 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin
0,7 liter pada penggantian periodik
Transmisi
Otomatis, V-Matic

v  Kelistrikan
Aki
MF battery, 12 V – 3 A.h
Sistem pengapian
DC – CDI, Battery
Karburator
VK22x1
Lampu Depan
12V 32W x 1
Lampu Senja
12V 3,4W x 1





KESIMPULAN KEKUATAN MESIN

Fakta output torsi di skutik banyak dipengaruhi oleh racikan CVT. Hal ini ditunjukan keunggulnya torsi Vario dengan output 9,76 Nm sukses dikail lebih rendah di rpm 4663,sementara Beat torsi maksimal nya 8,79 Nm tapi baru dicapai di rpm 4681.Sementara nilai HP maksimal Beat, untuk menghasilkan 7,4 Hp, Beat cuman membutuhkan gasingan 5115 rpm. Dan HP maksimal Vario lebih besar, yakni 8,2 Hp dan mesti dikail di rpm lebih tinggi 5970. Maka, kemampuan di tanjakan serta mengusung bobot berat dan performa di top speed, unggul Vario. Dan untuk trek metropolis serta trek middle, yang membutuhkan akselerasi ringan Beat bisa diandalkan.


BODI & ERGONOMI

Untuk Vario edisi pertama, dirancang dengan desain bodi yang mewah dengan tarikan garis tajam. Sektor dek lantai, sebagai pijakan kaki lebih lapang, sehingga sepatu size 43 masih bisa bergerak bebas Kalau Beat konsepnya simpel dan mungil. Untuk itu, desain bodi mulai dari depan sampai belakang didesain ramping. Dari sini justru yang menonjol kesan sporty nya ada di desain stop lamp. kalau head lamp mengikuti desain bodi dengan dimensi lebih tipis terangkai dengan front top cover. Bagian dek lantai, dari segi lebar nya nyaman untuk gerak bebas. Tapi untuk panjang dek terbatas, sehingga sepatu size 43 kurang bisa bergerak bebas. Postur di bawah 172 cm masih ideal mendapat ergonomi yang nyaman saat menunggang Vario. Baik menu jalanan metropolis, trek middle dan luar kota. Untuk pemakaian luar kota, pengendara juga bebas mengatur posisi kaki, bisa bergaya sport dengan kaki di belakang, atau kaki diselonjorkan di depan ujung dek.

Masalah kontrol pengendalian mudah, sebab jangkauan tangan lebih optimal memback up sudut putar stang kemudi. Kalau Beat, memiliki ergonomi ringan, lincah, cocok buat menu metropolis sebab lebih jago dipakai maneuver.Tapi saat dipacu di top speed tangan mesti kuat mendekap hand grip untuk mendapat kestabilan yang optimal, efek terlalu ringannya bobot Beat. Pengendalian cukup mudah dan ringan, sehingga tak butuh banyak adaptasi, khususnya untuk mantan pengguna motor bebek atau motor sport yang pindah ke motor skutik.

 

KESIMPULAN BODI

Dari tampilan bodi, Vario edisi pertama cocok buat eksmud dan wanita karier dan Beat pas buat remaja yang aktif. Faktor ergonomi, Vario memungkinkan nyaman dipacu pengendara dengan postur dibawah 172 cm, demikian pula Beat. Tapi gerakan bebas kaki untuk mengatur ergonomi yang nyaman, lebih lapang dek lantai Vario. Segi kestabilan Vario lebih tenang dan mantap diajak ngebut di top speed. Kalau Beat baru terasa mantap dan tenang saat dipacu top speed kondisi boncengan. Kalau cuman untuk kawasan metropolis, Beat cukup stabil.

Post a Comment

Previous Post Next Post