PROFIL
PT Astra Honda Motor (AHM)
merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni
1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya
merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely
knock down).Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe
bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun
pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30
ribu pada tahun berikutnya dan terus berkembang hingga saat ini.
Pada tahun 2001 kebijakan
pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor untuk memproduksi berbagai komponen sepeda
motor Honda di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya PT
Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor
Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing
Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine
Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi
Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston.
Seiring dengan perkembangan
kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi
kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda. Pada tahun 2001 PT Federal
Motor dan
beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.
beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.
Saat ini PT Astra Honda Motor
memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta
Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di
Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang berlokasi di kawasan MM
2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik
perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005. PT Astra Honda
Motor mempunyai karyawan hingga 20.000 orang dan di dukung oleh 1.800 showroom
penjualan, 3.600 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized
Service Station), serta 7.550 gerai suku cadang, untuk melayani jutaan penggunaan
sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Dengan keseluruhan fasilitas yang
diimiliki PT Astra Honda Motor proses produksi sepeda motor per-tahunnya
mencapai 4,2 juta unit, untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor di
Indonesia yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih
PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 40 juta pada tahun 2013.
Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri
sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN.
PENGHARGAAN
- Indonesia Best Brand Award 2012
- Indonesia Most Admired Companies 2012
- Top Brand 2013
- MotorPlus Award 2012
- Indonesia's Most Favorite Youth Brand 2012
- Word of Mouth Marketing 2012
- Service Quality Award 2012
- Otomotif Award 2012
- Indonesia Most Favorable Brand in Social Media 2012
- Indonesia's Most Favorite Women Brand 2012
- Indonesian Motobike of The Year 2012
- Motorcycle of the Year 2012
- Kartini Award 2012
- HAI Youth Brand Award 2012
- Indonesia Brand Champion 2012
DIFERENSIASI VARIO CW dan BEAT CW
1. VARIO
PT Astra Honda Motor (AHM)
menyegarkan tampilan Honda Vario varian Casting Wheel (CW) dengan kombinasi
warna stripe baru yang membuatnya terlihat lebih modern dengan mempertahankan
konsep trendi, stylish dan unisex yang telah diapresiasi konsumen.Sisi striping
model ini dibekali dengan garis-garis dinamis yang elegan untuk memberikan
pilihan yang luas kepada konsumen. Konsep garis stripe mencerminkan karakter
unisex.
Honda Vario CW dikenal
masyarakat sebagai pioneer skutik fashionable dengan fitur hi-tech di
Indonesia. Konsep desain yang simple sangat diminati konsumen yang menginginkan
pilihan motor kelas atas. Model ini dibekali mesin berkapasitas 110 cc
berpendingin cairan yang menghasilkan performa optimal dengan konsumsi bahan
bakar yang irit. Selain itu, Honda Vario CW dilengkapi lampu dual keen eyes
yang memberikan kesan mewah karena terinspirasi dari motor besar kelas dunia.
Kapasitas bagasi pada model ini sebesar 6 liter mampu memberi kenyamanan dan
kepraktisan bagi pengendara.
AHM juga mempertahankan fitur
keamanan terbaik yang menjadi trendsetter di segmen skutik, seperti standar
samping otomatis (side stand switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan
apabila dalam posisi turun dan brake Lock yang berfungsi untuk mencegah motor
loncat saat dinyalakan, dan juga kunci berpengaman magnetic (magnetic secure
key shutter) .
Sejak pertama Honda Vario
dipasarkan pada tahun 2006, model ini telah terjual sebanyak 1.977.957 unit.
Varian Honda Vario CW merupakan bagian dari Honda Vario Series yang merupakan
salah satu penyumbang terbesar penjualan AT Honda. Pada tahun lalu penjualan
Honda Vario Series terjual sebanyak 1.079.943 unit atau menyumbangkan 38%
terhadap total penjualan skutik Honda.
Secara keseluruhan, penjualan
skutik Honda tahun lalu tercatat 2.859.989 unit. Pencapaian ini mengantarkan
Honda mampu menguasai pangsa pasar 68% di segmen skutik nasional yang jumlahnya
tahun lalu tercatat 4.208.219 unit.
Kehadiran Honda Vario tidak
hanya mendapat sambutan baik dari konsumen. Puluhan penghargaan diberikan pada
motor skutik pertama Honda di Indonesia ini, baik untuk desain maupun
performanya Di tahun pertama kehadirannya, model ini langsung menyabet beragam
penghargaan sebagai Rookie of The Year 2006 dan Teknologi Terbaik Skubek 110cc
- 125cc dari Tabloid MotorPlus. Sementara Forum Wartawan Otomotif Indonesia
memberi apresiasi dengan memberikan penghargaan The Best Indonesian Motorcycle
2006. Secara keseluruhan, Honda Vario bermesin 110cc mendapat 28 penghargaan
dalam berbagai kategori dari berbagai pihak.AHM tahun ini optimistis Honda
Vario CW akan memperkuat penetrasinya di segmen skutik.
Pilihan warna Honda Vario CW:
·
Posh
white (putih hitam)
·
Shimmer
blue white (biru putih)
·
Glam
red (merah hitam)
·
Estilo
black (hitam)
Model ini dipasarkan dengan
harga Rp 14.450.000,- (on the road Jakarta).
*Fitur utama Honda Vario CW:
- Liquid cooled engine – Mesin berpendingin cairan yang sudah terbukti dan teruji kehandalannya.
- Dual keen headlight – Lampu depan ganda yang tajam dengan multi reflektor. Memberikan area pencahayaan yang lebih optimal dalam kondisi lurus maupun belok.
- Brake lock – tuas pengunci rem.
- Side stand switch – standar samping otomatis.
- Magnetic secure key shutter – pengaman kunci kontak bermagnet.
- Kapasitas bagasi sebesar 6 liter.
*Spesifikasi Honda Vario CW
v Dimensi
Dimensi (P x L x T)
|
1,897 x 680 x 1,083 mm
|
Jarak sumbu Roda
|
1.273 mm
|
Jarak terendah ke tanah
|
132,5 mm
|
Berat kosong
|
99,3 kg
|
v Rangka
Rangka
|
Tulang punggung
|
Suspensi depan
|
Teleskopik
|
Suspensi belakang
|
Lengan ayun dengan shockbreaker ganda
|
Ukuran Ban depan
|
80/90 – 14 M/C 40P
|
Ukuran Ban Belakang
|
90/90 – 14 M/C 46P
|
Rem depan
|
Cakram hidrolik dengan piston
tunggal
|
Rem belakang
|
Tromol
|
v Mesin
Tipe mesin
|
4 Langkah SOHC
|
Sistem pendinginan
|
Pendinginan dengan cairan
|
Diameter x langkah
|
50 x 55 mm
|
Volume langkah
|
108 cc
|
Perbandingan kompresi
|
10,7 : 1
|
Daya maksimum
|
8,99 PS / 8000 rpm
|
Torsi maksimum
|
0,86 kgf.m / 6500 rpm
|
Kopling
|
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
|
Starter
|
Pedal dan elektrik
|
v Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar
|
3,6 liter
|
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin
|
0,7 liter pada penggantian
periodik
|
Transmisi
|
Otomatis, V-Matic
|
v Kelistrikan
Aki
|
MF battery, 12 V – 3 A.h
|
Sistem pengapian
|
DC – CDI, Battery
|
2. BEAT
Semakin larisnya penjualan Honda
BeAT pada tahun 2011 yang mencapai angka penjualan 1.033.928 unit,
maka PT Astra Honda Motor (AHM) memutuskan merilis 2 warna
baru Honda BeAT yaitu Biru Putih & Hijau Putih, untuk memberikan beragam
pilihan konsumen yang sebelumnya terdapat pilihan warna merah,putih,hitam.
Tidak hanya itu, AHM juga mengubah tampilan striping nya sehingga terlihat
lebih stylish, dynamic, dan colorful berdesain
gaul dan trendi, Motor Honda BeAT merupakan skuter matik paling irit dengan
pencapaian 73,5 KM untuk satu liter (Hasil Econo Riding with Honda Motor Plus
edisi 487, 28 Juni 2008). harga untuk Honda BeAT CW 2012 yaitu Rp. 12.550.000.
Berikut adalah beberapa penghargaan
yang telah dimenangkan Motor Honda BeAT:
- Motor Paling Irit Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award 2010
- Motor Paling Irit Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award 2009
- Performa Terbaik Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award 2009
- Skuter Matik No. 1 paling banyak dibicarakan dan dipromosikan di antara masyarakat Indonesia – No. 1 Word of Mouth 2009 Award Majalah SWA
Fitur Honda BeAT
·
Brake
Lock – Berfungsi sebagai rem tangan, mencegah motor loncat saat menghidupkan
mesin, serta praktis dan nyaman saat parkir atau berhenti di tanjakan.
- Side Stand Switch – Mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun, sehingga menghindari resiko pengendara lupa menaikkan standar samping.
- Secure Key Shutter – Sistem penguncian bermagnet yang kuat dan nyaman, untuk menghindar resiko pencurian.
- Teknologi Combi brake dimana dimana dengan menarik tuas rem kiri maka rem belakang dan depan dapat berfungsi dengan optimal – Fitur ini khusus Honda BeAT FI CBS.
Spesifikasi Honda BeAT CW
v Dimensi
Dimensi (P x L x T)
|
1,859 x 676 x 1,053 mm
|
Jarak sumbu Roda
|
1.240 mm
|
Jarak terendah ke tanah
|
156 mm
|
Berat kosong
|
89.3 kg
|
v Rangka
Rangka
|
Tulang punggung
|
Suspensi depan
|
Teleskopik
|
Suspensi belakang
|
Lengan ayun dengan shockbreaker
tunggal
|
Ukuran Ban depan
|
80/90-14 M/C 40P
|
Ukuran Ban Belakang
|
90/90-14 M/C 46P
|
Rem depan
|
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
|
Rem belakang
|
Tromol
|
v Mesin
Tipe mesin
|
4 Langkah SOHC
|
Sistem pendinginan
|
Pendinginan udara degan kipas
|
Diameter x langkah
|
50 x 55 mm
|
Volume langkah
|
108 cc
|
Perbandingan kompresi
|
9,2 : 1
|
Daya maksimum
|
8.22 PS / 8.000 rpm
|
Torsi maksimum
|
8,32 N.m (0.85 kgf.m) / 5.500 rpm
|
Kopling
|
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
|
Starter
|
Electric starter & kick
starter
|
Busi
|
ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
|
v Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar
|
3,5 liter
|
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin
|
0,7 liter pada penggantian periodik
|
Transmisi
|
Otomatis, V-Matic
|
v Kelistrikan
Aki
|
MF battery, 12 V – 3 A.h
|
Sistem pengapian
|
DC – CDI, Battery
|
Karburator
|
VK22x1
|
Lampu Depan
|
12V 32W x 1
|
Lampu Senja
|
12V 3,4W x 1
|
KESIMPULAN
KEKUATAN MESIN
Fakta output torsi di skutik banyak dipengaruhi
oleh racikan CVT. Hal ini ditunjukan keunggulnya torsi Vario dengan output 9,76
Nm sukses dikail lebih rendah di rpm 4663,sementara Beat torsi maksimal nya
8,79 Nm tapi baru dicapai di rpm 4681.Sementara nilai HP maksimal Beat, untuk
menghasilkan 7,4 Hp, Beat cuman membutuhkan gasingan 5115 rpm. Dan HP maksimal
Vario lebih besar, yakni 8,2 Hp dan mesti dikail di rpm lebih tinggi 5970. Maka,
kemampuan di tanjakan serta mengusung bobot berat dan performa di top speed,
unggul Vario. Dan untuk trek metropolis serta trek middle, yang membutuhkan
akselerasi ringan Beat bisa diandalkan.
BODI
& ERGONOMI
Untuk
Vario edisi pertama, dirancang dengan desain bodi yang mewah dengan tarikan
garis tajam. Sektor dek lantai, sebagai pijakan kaki lebih lapang, sehingga
sepatu size 43 masih bisa bergerak bebas Kalau Beat konsepnya simpel dan
mungil. Untuk itu, desain bodi mulai dari depan sampai belakang didesain
ramping. Dari sini justru yang menonjol kesan sporty nya ada di desain stop
lamp. kalau head lamp mengikuti desain bodi dengan dimensi lebih tipis
terangkai dengan front top cover. Bagian dek lantai, dari segi lebar nya nyaman
untuk gerak bebas. Tapi untuk panjang dek terbatas, sehingga sepatu size 43
kurang bisa bergerak bebas. Postur di bawah 172 cm masih ideal mendapat
ergonomi yang nyaman saat menunggang Vario. Baik menu jalanan metropolis, trek
middle dan luar kota. Untuk pemakaian luar kota, pengendara juga bebas mengatur
posisi kaki, bisa bergaya sport dengan kaki di belakang, atau kaki diselonjorkan
di depan ujung dek.
Masalah
kontrol pengendalian mudah, sebab jangkauan tangan lebih optimal memback up
sudut putar stang kemudi. Kalau Beat, memiliki ergonomi ringan, lincah, cocok
buat menu metropolis sebab lebih jago dipakai maneuver.Tapi saat dipacu di top
speed tangan mesti kuat mendekap hand grip untuk mendapat kestabilan yang
optimal, efek terlalu ringannya bobot Beat. Pengendalian cukup mudah dan
ringan, sehingga tak butuh banyak adaptasi, khususnya untuk mantan pengguna motor
bebek atau motor sport yang pindah ke motor skutik.
KESIMPULAN BODI
Dari
tampilan bodi, Vario edisi pertama cocok buat eksmud dan wanita karier dan Beat
pas buat remaja yang aktif. Faktor ergonomi, Vario memungkinkan nyaman dipacu
pengendara dengan postur dibawah 172 cm, demikian pula Beat. Tapi gerakan bebas
kaki untuk mengatur ergonomi yang nyaman, lebih lapang dek lantai Vario. Segi
kestabilan Vario lebih tenang dan mantap diajak ngebut di top speed. Kalau Beat
baru terasa mantap dan tenang saat dipacu top speed kondisi boncengan. Kalau
cuman untuk kawasan metropolis, Beat cukup stabil.
Post a Comment